3/15/2017

Makan Sepiring Berdua

"Makan sepiring berdua" Mana bisa kenyang. Bila satu porsi yang seharusnya dimakan sendiri tapi malah dinikmati berdua. Hmmm...., bagaimana jika dua porsi berada dalam satu wadah?! (*berpikir) Memangnya tempatnya muat, Bila makan di luar enggak malu di liatin pengunjung lain yang seakan-aka makannya buanyaak banget lagian kan diliatnya ga sopan trus bagaimana cara memesannya, palingan diberikan dalam wadah yang berbeda btar mau di 'tumplek' dalam satu wadah ataupun enggak terserah yang pesan.

Ini bukan seberapa porsi yang disajikan, bukan juga tentang lebih ngirit tempat dan ngirit sabun untuk mencuci piring setelah makan namun mengenai kebersamaan, momen yang ditimbulkan saat makan.

Makan bersama dalam satu piring secara ga langsung akan menimbulkan sensasi yang berbeda, rasa kehangatan, kebersamaan dan kegembiraan yang timbul secara bersamaan. Toleransi: saling memperhatikan suapan yang di ambil, bergantian saat mengambil makanan, berebut nyomot lauknya. Bisa saling suap dan menumbuhkan toleransi diantara keduanya. Menginginkan agar pasangannya lebih kenyang dari dirinya itulah salah satu perwujudan saling memperhatikan dengan perbuatan, walaupun tak di ucapkan.

Begitu juga dengan minum dengan wadah yang sama, berbagi walau sampai sesapan terakhir. Ya walaupun terkadang haus belum sempurna terobati namun rela menyisihkan sebagian untuk pasangannya. Belajar toleransi, berbagi, dan memperhatikan.

Hal sepele yang membuat kita bisa lebih menyatu, merasakan apa yang ada bersama dengan berbagi, bisa juga dengan saling cerita dan mengomentari tentang apa yang dilihat sepanjang hari. Tidak perlu mahal, nasi padang sebungkus berdua juga sudah dari cukup mengenyangkan karena takaran dari perut bukanlah seberapa yang kita makan melainkan seberapa makanan yang sudah kita makan dan kita syukuri.

Buatku tak perlu tempat mewah, makanan berkelas yang namanya saja susah untuk diucapkan asal bersama menikmati makan seadanya itu jauh lebih enak dari makanan yang tersedia, apa lagi masakan yang dibuat sendiri (efek ndeso jarang pake banget maem di luar). Makanan enak bukan hanya soal cita rasa tapi juga perasaan yang hadir saat makanan itu tersedia.

Yoo, kapan-kapan maem nasi padang tegal sari lagi ya tapi aku mau pake gimbal udang ajah. (15/03/17)