3/11/2017

Ingin yang terus berdatangan

Impian waktu kecil ingin menjadi guru. Pokoknya guru, entah guru apa belum terpikirkan yang penting menjadi pengajar. Mungkin ini melihat semua saudara bapak bekerja di lingkungan sekolah, oh iya simbah akong juga kerja di lingkungan sekolah. Lalu saat sudah beranjak dewasa, masih tetep ingin menjadi guru, namun seiring waktu aku berpikir ingin jadi guru apa...???! Mengingat aku juga tidak memiliki keahlian apapun, bahkan pelajaran dimasa sekolah juga ga ada yang spesial dimataku kecuali saat pelajaran praktik jurusan otomotif ketika di SMP. Hahahaha...., bila yang lain penentuan jurusan ada saat SMU kalau di jamanku SMP sudah ada penjurusan bakat dan keterampilan (keliatan tuanya).

Mungkin karena guru penampu santai, baik dan enak kali ya makanya aku suka. Anak kelas A dan B jurusan pertukangan, gegara jurusan ini lapangan tertutup oleh paping blok yang dibuat mereka. Anak kelas C kerajinan tangan, biasanya masak dan jahit menjahit pokoknya cewek banget deh tapi enak kalau praktik bareng mereka dapat cipratan masakannya. Kelas D ini juga kerajinan tapi cenderungnya ke logam. buat kompor dan kelistikan. Anak kelas E jurusan Otomotif, ini dia kelas paling amburadul yang sering bikin pusing walikelas. Selalu bikin onar, masalahnya satu kelas juga paling banyak cowoknya, ceweknya ga genap 10 seingatku. Praktiknya seh enk bikin palu, nambal ban, buat rangkaian lampu di motor, mempelajari proses permesinan juga. bener kan nyantai. Dan kalau anak kelas F juga jurusan otomotif tapi tidak murni, kadang ada campuran kerajinan elektroniknya.

Malah ngelantur.
Saat SMU keinginan untuk menjadi guru masih ada tapi mulai condongnya ke guru TK. Menurutku asik saja setiap hari bermain dengan anak-anak kecil. Lalu saat kuliah keinginan untuk menjadi guru TK masih ada tapi sedikit mulai terkikis dengan menghadapi anak kecil yang tak mudah seperti yang dibayangkang, nanti kalau nangis, trus ada yang pipis, pup, aaaah... mulai parno sendiri deh. Pernah juga ada keinginan untuk melamar menjadi guru TK kebetulan saat itu ada lowongan di sekolah dekat kampus tapi sama bapak ga di ACC, suruh cepat nyelesein kulaih baru mikir kerja. Gimana bisa cepat lha sistemnya aja paket setiap semester padet minim 23 sks kayaknya.

Lalu saat masuk dunia kerja tidak mengambil impian itu malah bekerja di ruangan ber AC yang ga bisa kemana-mana tapi juga betah lho (ini mah bukan soal pekerjaannya tapi teman-temannya yang bikin nyaman). Keinginan untuk menjadi guru TK masih, tapi hanya aku gantung di angan-angan. Enggak pede juga kalau harus bicara di depan banyak orang.

Dan sekarang saat sudah tidak bekerja mulai banyak 'ingin' yang muncul.
Aku ingin punya kebun kaktus, menjual dan berkreasi dengan tanaman padang pasir ini.
Aku ingin bisa merajut, agar bisa buat switer, baju hangat dan syal untuk anak dan suami nantinya.
Aku ingin buka kreasi kerajinan flanel. ini masih aku usahakan, membuat kreasi aneka macam barang dari kain flanel lalu nambah ingin bisa jahit agar bisa buat tas sendiri yang unik ala-ala aku. Mudah-mudahan maju agar bisa membuka lapangan pekerjaan buat orang-orang disekitarku. Dengan kerajinan flanel ingin memberikan kursus singkat kepada ibu-ibu di kampungku juga kepada anak-anak SD (semoga bisa).
Aku ingin membuka persewaan perlengkapan dan mainan bayi. Ini juga baru aku mulai.
Ingin bisa buat kerajinan dari limbah dan barang-barang bekas yang sudah ga terpakai, agar sampah sedikit berkurang dan punya nilai jual.
Ingin bisa membuka lapangan kerja buat yang lain. Bisa membuat tempat singgah dan taman bacaan.
Ingin  punya rumah ga perlu besar ataupun bertingkat yang penting nyaman dengan halaman luas agar bisa buat main lari-larian anak-anak sekitar rumah ketika sore hari, bisa dikasih gazebo kan bisa buat belajar mengaji anak-anak geatis dan sekelilingnya bisa ditanami banyak pohon juga tanaman apotik hidup dan sayuran. boleh juga jika bisa dikasih kolam buat budidaya ikan.
Pengen punya kura-kura, tapi.....boleh ga ya.
Ingin bisa jalan-jalan mendatangi tempat-tempat sejarah dan juga menyapa alam.
Ingin bisa nulis yang indah untuk menceritakan perjalanan dan tempat-tempat yang sudah dikunjungi agar banyak orang lebih mengerti alam ketimbang mall lalu berbondong-bondong datang menikmati suasana hijaunya pepohonan dan birunya langit yang cerah.
Ingin bisa membantu orang lain, sebisa aku dengan apa yang aku miliki.
Ingin bisa gambar, agar aku bisa melukis di flanel sehingga kreasi flanelku lebih cantik dan unik.
Dan....
Ingin bareng kamu terus, selamanya dan kapanpun ya yo.

Nah kan begitu banyak 'ingin' yang berdatangan. Tapi sekarang fokuskan dulu semua kegiatan untuk membuat senyum orang tua setiap harinya. Bahagia mereka adalah bahagiaku, eeeh adik-adikku juga deng.(10/03/17)