3/17/2016

Lututku Bersuaralah, Kenapa ??!

Hampir sepekan ini lututku rasanya sakit banget. Bahkan beberapa hari ketika bangun tidur tiba-tiba kaki kiriku kram otot kaku dan seperti ketarik di seluruh kaki kiriku. Sungguh luar biasa sakitnya. Mungkin memang aku lagi terkilir atau ada urat yang sedikit menggumpal sehingga membuat lututku sakit. Tak hanya kram, aku juga mudah kesemutan di bagian tangan kiri, ya mungkin saja ini juga ada kaitannya dengan kesleo yang aku rasakan di lututku karena setauku antara kaki dan tangan itu ada banyak otot dan sendi yang berhungan, bahkan seluruh tubuh juga sebenarnya saling berhubungan makanya badanku juga rasanya pegel ga karuan.

Kejadian ini berawal dari beberapa minggu yang lalu dimana setiap sujud ketika sholat di bagian kaki kiri dekat lutut seperti ada benjolan dan sedikit sakit ketika dibuat duduk namun ketika aku raba selesai sholat untuk tau apa gerangan benjolan yang berasa ketika sedang sholat namun ga menemukan. Aku raba-raba ga ada yang terasa sakit dan ga ada juga tanda-tanda benjolan seperti yang aku rasakan. Dan karena ga menemukan inilah aku anggap memang ga ada keanehan,

Ketika turun dari tangga pas mau berangkat kerja waktu itu mendapat giliran masuk pagi tiba-tiba kakiku sakit, rasanya perpaduan antara ngilu, pegel dan kesemutan namun coba abaikan, hanya saat pertama kali terasa sempat berkata "aduuh..." dan memijit-mijit lutut tapi itu hanya sebentar karena juga sudah diburu jam yang sudah siang, takut telat absen.

Suatu hari pas sholat magrib ada satu gerakan dimana tiba-tiba lututku berbunyi "treek..." seperti jari yang di tarik dan mengeluarkan bunyi. Rasanya sakit banget saat itu namun aku tetap mencoba untuk konsentrasi dan menyelesaikan sholatku. Setelah selesai sholat lututku masih sakit rasanya maka hari-hari selanjutnya rasa sakitnya datang kadang-kadang dan tak terduga. Benjolan yang aku rasakan tempo hati juga sesekali saja terasa namun aku menemukan sisi di bagian lututku yang rasanya sakit saat aku pegang ya berhubung tidak ada tukang urut ya aku urut-urut sendiri. Aku oles krim kalau senggang aku pijit menggunakan minyaknkayu putih dan menempelinya dengan koyo, sudah kaya orang tua saja tempelan koyo. Namun rasa sakitnya tak kunjung mereda. Bahkan setiap bangun tidur rasa sakit semakin menjadi di tambah kram di sekujur kaki membuatku semakin meringis itu terjadi beberapa hari setiap bangun tidur kaki kram.

Suatu hari ada kejadian, dimana ketika bangun tidur kaki kram. Sambil meringis aku tahan rasa sakitnya tapi tiba-tiba aku merasakan seperti ada yang memijit-mijit kaki ku yang sakit. Dengan mata masih terpejam aku benar-benar merasakan, ada seorang nenek yang belum terlalu tua duduk di sebelahku dan memijit kakiku. Aku ga tau beliau siapa, tidak lama beliau memijit dan bersamaan dengan selesainya pemijitan matakupun terbuka di sana aku ga menemukan siapa pun karena hari masih pagi dan ibu juga belum tua, ga mungkin juga ibu yang memijit karena pagi-pagi ibu akan sibuk di dapur menyiapkan sarapan.

Sesaat aku terdiam berpikir dan mengingat, siapa yang memijitku barusan dan benarkan ada kejadian seperti itu..?! antara bingung memilih untuk bangun dan mencuci muka. Ketika bangun dari tempat tidur kaki ku enggak merasakan sakit, seperti tidak terjadi apa pun padahal sebelumnya sakitnya sampai bikin otak cekat cekut rasanya tapi ini udah enakan, badan juga rasanya bugar enggak ada rasa pegel lagi.

Mungkin kejadian di pagi ini benar terjadi. Dan siapa pun beliau aku berterima kasih karena sudah menjagaku dan membantu dengan pijitannya yang membuat kakiku tidak sakit lagi. (17/03/16)


★Ell