11/27/2023

Bertahan dalam Kegelapan

Mereka ada untukmu, meskipun tak semuanya benar-benar peduli padamu namun setidaknya ada seseorang yang peduli padamu tanpa syarat.

Mereka ada untukmu untuk meramaikan hidupmu, memberikan warna lain hingga membuatmu tau apa arti bahagia yang sesungguhnya.
Mereka ada untukmu disaat kau benar-benar rapuh dan memerlukan pundak untuk bersandar dan sedikit mengikis beban yang ada.
Mereka ada untukmu dengan ragam yang dapat membuatmu tersenyum, walau hanya sesaat.
Mereka ada untukmu untuk mencoba mengerti apa yang kau rasakan dan menempatkannya di posisimu.

Kurang apa mereka sampai-sampai sedikitpun hatimu tak dapat menyentuh ketulusan dari segala perhatian yang diberikan, meskipun hanya segelintir yang benar-benar paham.
Apakah bebanmu seberat itu...? Hingga tak mudah untuk kau lenyapkan dari hatimu.
Apakah terlalu sakit sampai kau memilih untuk menutup rapat hatimu dan tak membiarkan orang lain masuk tanpa terkecuali...
Apakah hidupmu benar-benar diambang titik pemberhentian sehingga kau tak dapat mengerti bagaimana untuk bahagia...

Terlalu melelahkan jika dilihat dari manamun, meskipun belum tentu apa yang sebenarnya terjadi sedramatis seperti apa yang tergambar dari pancaran matamu.
Kamu bukan satu-satunya orang yang menderita, bukalah matamu dan lihatlah masih banyak orang yang sebenarnya lebih parah dari apa yang sedang kau hadapi saat ini.

Namun kembali lagi, setiap orang memiliki pertahanan yang berbeda, memiliki tujuan dan batas yang berbeda pula jadi tak bisa membandingkan sekuat apa dia berjuang dan bertahan, meskipun itu di posisi yang sama.
Cobalah untuk tetap bertahan hingga akhir, walau dengan berbagai kesakitan yang kau rasakan.
Ciptakan duniamu sendiri jika kau tak benar-benar percaya pada orang lain meskipun itu yang tulus peduli padamu.

Mungkin lukamu terlalu parah dan sulit untuk di sembuhkan, namun kau orang yang kuat dan seiring bergulirnya waktu  perlahan akan bisa menyembuhkan luka dengan sendirinya meskipun tak akan kembali seperti sedia kala.
Semua yang kau lewatu itu hanya cara untuk menempamu, membuatmu menjadi pribadi yang kuat dan tangguh hingga suatu saat nanti kau dapat menaklukan semua rasa yang bertahun mengekang dan menjadi raja penguasa di tubuhmu.
Cobalah untuk mengerti, dan berdamai dengan keadaan tanpa menyalahkan diri sendiri.
Entah siapa yang salah yang pasti semua yang terjadi sudah menjadi garis hidup yang harus kau jalani, karena apapun yang terjadi setidaknya itulah yang kau pilih, meslioun persimpangan itu tidak ada yang menguntungkan untukmu.

Dan yang perlu kau tau jika akan selalu ada seseorang yang akan memelukmu tanpa kau minta, menenangkanmu disaat kau lelah dan selalu ada untukmu kapanpun itu, yang akan selalu memperhatikanmu kapanpun itu. Dan dia ada di dirimu. (26/11/23)