9/02/2018

Dunia baru ; sendiri

Mungkin aku orang yang paling egois di dunia. Entah sejak kapan bisa berubah menjadi seperti ini. Hanya memikirkan diri sendiri, hidup di duniaku tanpa mempedulikan apa saja yang ada di sekitarku. Sampai-sampai pohon di depan rumag sudah mulai berbuahpun aku sama sekali tak tahu. Sungguh terlalu dan kelewat batas. Padahal aku merasa sekarang yang terjadi padaku masih terbilang wajar, hanya sedikit menarik diri untuk hidup di duniaku sendiri tapi kenyataannya sudah mengabaikan segala hal, lantas bagaimana bila aku masuk lebih dalam hingga benar-benar menutup untuk dunia luar.

Apakah akan lebih primitif dibandinhkan manusia purba?
Apakah akan nyaman, untuk hal semacam itu?!
Apakah aku sudah matirasa dan kehilangan kewarasanku???! 
Aaah, kalau bicara waras sepertinya itu sudah jauh dariku sejak dulu.

Nyamannya duniaku sudah menyakiti banyak orang tanpa aku sadari, hidup di kultur yang berbeda dimana kebebasan dirasa masih memiliki batas, ruang, dan norma.
Kebebasan dan keadilan sama-sama nilainya patut kupertanyakan, yang tak mutlak sama dengan rasio yang berbeda-beda. (01/09/18)