5/29/2018

Laba-laba dan kura-kura

Sebenarnya sudah beberapa kali kita (aku dan yongsa) membahas perihal tentang kehidupan setelah kematian dan reinkarnasi namun belum menemukan titik terang dari argumen-argumen dari setiap pertanyaan yang datang bertubi-tubi pertanyaan yang dijawab menjadi pertanyaan baru. Memang susah untuk menjabarkan apakah reinkarnasi itu ada atau tidak, dan kehidupan setelah mati itu seperti apa. Dan karena tidak ada jawaban dalam argumen yang saling terlontar ini maka kita akhiri saja karena semakin panjang malah semakin ngambang jawaban yang didapat dan bukan selesai malah bikin kepala seketika migran.

Aku pernah berhayal dan berbincang dengan dirisendiri, ya lucu-lucuan saja sebenarnya. Begini ketika mengingat dan mencari penjelasan kenapa yongsa selalu saja memberikan respon tidak suka ketika aku mengusir atau tanpa sengaja membunuh laba-laba yang bersarang di dalam rumah. Laba-laba yang tanpa permisi membuat sarang di langit-langit rumah ataupun di tempat-tempat yang dianggapnya pas lah ya untuk dijadikan hunian. Dan entah apa alasannya aku yang suka dengan kura-kura walaupun ga memelihara dan tidak mengkoleksi benda yang berbentuk kura-kura namun senang saja ketika melihat kura-kura.

Karena hal itulah ketika duduk diam sendiri aku gunakan untuk berbincang dengan diri sendiri. Dan diceritakanlah kenapa yongsa begitu menyukai laba-laba itu dikarenakan di kehidupan sebelumnya yongsa pernah hidup menjadi laba-laba dan aku menjadi kura-kura. Dan kenapa yongsa lahir belakangan itu karena yongsa nakalnya kelamaan sehingga butuh waktu yang lebih lama dariku untuk sampai di kehidupan yang sekarang. Iseng aku tanya sebelum sekarang pernah hidup jadi apa saja, wah ternyata banyak banget yang sudah dilewati dari menjadi hewan juga menjadi tanaman dan menjadi apa aku sebelumnya itu semua tergantung dari amal perbuatan kita dikehidupan sebelumnya. Jadi jika menjadi orang nakal hidupnya ga bener ya akan semakin lama berubah menjadi sempurna.

Di akhir hayalan teringat dengan film kerasakti, hahahahaahha.... menghayal ternyata kadang-kadang bisa aneh juga ya. (28/05/18)