6/06/2017

Cerita imaji masalalu

Pada masa yang tak pernah bisa kembali.
Pada kenangan yang hanya bisa dikenang dan sesekalu datang sekilas dipikiran.
Masa yang seperti apa yang ingin diperlihatkan. Hanya sepenggal, hanya sekedip mata hadir lantas menghilang.
Hitam-putih, itulah yang bisa aku tangkap. Apa sebenarnya yang ingin diceritakan oleh lorong waktu dalam satu kisah yang telah diperlihatkan oleh imaji dalam suatu cerita yang telah usang terkubur bersama waktu yang terus saja berputar.

Seperti lukisan yang terpampang begitu jelas, namun untuk bisa mengerti artinya perlu trik, dan bisa tidak akan berbeda imaji kepada mereka yang melihat.
Dan sekarang aku yang tak mengerti bagaimana bisa menjabarkan apa yang aku lihat sekilas yang hadir dalam pikiranku.

Mengira-ngirapun aku tak mampu, lalu bagaimana bisa aku bercerita untuk menyambung setiap potonga  puzzle yang diperlihatkan padaku. Suatu kisah yang diceritakan ulang dalam satu masa yang berbeda. Entah bagaimana cara menerjemahkan bila hanya bisa menebak-nebak dari alur yang ada, tapi bagaimana bila penalaranku salah...
Hmmmm...., bagaimana tau itu salah atau benar juga ga mengarti. Karena aku hanya bisa melihat itupun sekilas, merasakan karen jiwaku seperti terseret kedalam pusaran waktu untuk melihat di setiap kotak yang tersedia dengan potongan-potongan gambar yang diam.

Yang bisa aku tangkap dari semua adalah itu ada di masa lalu entah di abad yang mana dengan potret hitam-putih dan suasana teduh, tenang, damai, dan keselarasan dengan alam yang benar-benar berasa. Aku nyaman dan seperti tak asing dengan tempat itu, mungkin karena sering dibawa kesana atau mungkin juga benar adanya aku yang berada disana sebagai objek dalam beberapa abad yang lalu.

Serba tak pasti namun nyata. Adakah yang bisa menjabarkan apa sebenarnya yang terjadi...?! Aaaah, ngawor tentunya yang bisa tau dan menjabarkannya tentu saja aku sendiri, tapi bagaimana bisa bercerita ulang bila aku sama sekali belum dapat mengikat dan menyatukan setiap gambar yang aku lihat. Mungkin butuh waktu lebih lama lagi untuk bisa benar-benar paham yang dimaksud. Ya, sepertinya begitu. (06/06/17)