8/03/2014

Berbagi Cerita dan Membuat Kenangan

Kepada siapa perasaan kangen itu tertuju saat ini? Kenangan apa yang paling membuat kamu kangen dengan orang tersebut?

Perasaan kangen kepada seseorang bukan semata-mata datang dari orangnya, terkadang juga dengan apa yang telah dilakukann dengan orang itu. Suatu peristiwa yang melibatkan waktu dimana ketika itu terjadi otak merekamnya sebagai hal yang dirasa indah untuk diabadikan. Nggak harus selalu momen istimewa, momen paling sederhana pun bisa membuat kita rindu, bahkan hal-hal kecil yang terjadi tanpa disadari atau direncanakan pun juga bisa membawa kita rindu untuk kembali pada suasana itu lagi. Antara kenangan dan juga orangnya tentu saja.

Aku biasanya menandai satu kejadian dalam kehidupanku sehari-hari memilih mengabadikan dalam jepretan kamera ponsel maupun kamera poket selain dengan tulisan tentunya. Dulu paling rajin nulis diary tapi sekarang mulai beralih ke blog. Ini karena gambar ataupun tulisan'lah yang suatu saat akan membantuku mengingat hal-hal yang telah berlalu, bahkan bisa juga bercerita langsung kepada yang melihat tentang seseorang (obyek) tempat serta kejadian yang sedang dialami. Baik momen tentang kesedihan, senang, kebersamaan, sendiri termasuk segala asam manis kehidupan terekam manis.

Sebagian dari teman yang aku jumpai melalui tulisan di blog ataupun sosial media yang marak belakangan ini sepertinya membenarkan bahwa foto ataupun tulisan adalah cara yang lebih banyak dipilih untuk menyimpan kenangan, terbukti dengan banyaknya cerita ataupun foto yang berkisah tentang suasana hati. Bahkan ada juga yang memilih menggabungkan antara foto atau gambar dan tulisan untuk lebih mempertajam cerita. Berbagi cerita kepada orang lain tanpa kita harus mengulang-ulang cerita meski kepada orang yang berbeda, dengan begitu kenangan yang tersimpan tak mudah luntur. Coba saja jika kita mesti bercerita hal yang sama kepada 10 orang tentu akan mengikis keindahan dari cerita itu sendiri.

Ada yang setiap hari menulis catatan kecil di blog-nya dengan disertai (beberapa) foto. Bahkan ada yang menggunakan aplikasi yang memungkinkan dirinya untuk menyimpan kenangan dalam bentuk tulisan dan foto. Ada juga yang hanya ingin menyimpan kenangannya sendiri tanpa ingin membaginya dengan siapapun.

Ponsel sekarang memang sudah mengusung fitur-fitur canggih dengan segala kemudahan dalam pengoperasian, yang terpenting lagi kita bisa kapan saja update sekedar berbagi dengan teman atau untuk koleksi pribadi.

Dengan menulis atau mengabadikan dalam potret maka kau akan hidup selamanya.